ANTISIPASI GENANGAN DI SIMPANG LIMA, DPU PR AKAN BANGUN SUDETAN

ANTISIPASI GENANGAN DI SIMPANG LIMA, DPU PR AKAN BANGUN SUDETAN
Posted in Informasi
Posted on: April 19th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Untuk mengantisipasi genangan yang masih sering terjadi di kawasan Simpang Lima Siaga Boyolali Kota, terutama saat turun hujan deras, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), merencanakan membangun sudetan untuk mengurangi limpasan air terutama dari Jalan Merbabu.
Demikian disampaikan Kabid Cipta Karya DPU PR Boyolali, Arief Gunarto, Senin (19/4). Menurut Arief, genangan yang terjadi di kawasan simpang lima itu, terjadi lantaran besarnya limpasan air dari wilayah atas, yakni terutama dari Jalan Merbabu.
Sebenarnya jelas Arief, kondisi gorong-gorong saluran air yang ada di simpang sudah cukup besar dan mampu menampung dan mengalirkan air di kawasan sekitarnya. Namun, dari hasil pengecekan, ternyata limpasan dari Jalan Merbabu memerlukan penanganan.
“Ternyata kondisi gorong-gorong air di Jalan Merbabu cukup sempit,” ungkap Arief.
Selain itu, kondisi tersebut semakin diperparah dengan perilaku sebagian masyarakat yang justru menutup gorong-gorong tersebut dengan cor beton. Di sisi lain, tingkat kemiringan sepanjang jalan tersebut cukup curam sehingga saat hujan deras, limpasan air menjadi besar dan sering mengganggu arus lalu lintas.
Kondisi berbeda dengan Jalan Merapi, yang berada di selatan Jalan Merbabu. Di Jalan Merapi kondisi limpasan air justru tidak banyak. Hal ini dikarenakan selain kondisi gorong-gorongnya baik, juga air limpasan langsung tersalurkan ke sungai.
Dari pendalaman yang dilakukan, menurut Arief pihaknya mendapatkan solusi untuk mengatasi genangan yang terjadi di kawasan simpang lima. Salah satu rencana yakni membuat sudetan untuk mengalirkan limpasan air di Jalan Merbabu ke Sungai Sumber Lerak yang ada di sisi utara.
Terdapat tiga opsi untuk lokasi sudetan yang akan dibangun nanti. Salah satunya menurut Arief, yakni di barat Masjid Agung Boyolali.
Selain pembuatan sudetan, menurut Arief antisipasi lainnya yakni menormalisasikan gorong-gorong yang ada di sepanjang Jalan Merbabu. Saat ini lanjut dia, pihaknya tengah mendesain konsep sudetan tersebut. Sedangkan untuk realisasinya, menurut Arief pihaknya akan mengusulkan pembangunan sudetan tahun depan. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top