ANIMO MENINGKAT, 620 PELAJAR IKUTI SELEKSI DUTA SENI BOYOLALI

ANIMO MENINGKAT, 620 PELAJAR IKUTI SELEKSI DUTA SENI BOYOLALI
Posted in Headline
Posted on: February 6th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Pengiriman duta seni pelajar Boyolali ke luar negeri, menjadi daya tarik luar biasa bagi para pelajar Boyolali. Terbukti, animo pelajar yang ikut seleksi terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini, seleksi duta seni pelajar dan misi kebudayaan dengan tujuan Wina Austria dan Istambul Turki, diikuti sebanyak 620 pelajar tingkat SMA.
“Animonya semakin tinggi, tahun kemarin saja sudah 426 yang ikut seleksi. Tahun ini terus meningkat mencapai 620 pelajar yang ikut seleksi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Abdul Rahman di sela-sela audisi I duta seni di Pendapa Kabupaten Boyolali, Senin (6/2).
Program duta seni pelajar dan misi kebudayaan ke luar negeri yang dicanangkan Bupati Boyolali, Seno Samodro sejak tahun 2013 silam itu, selain membawa misi kebudayaan dari Boyolali, juga bertujuan memberikan pengalaman bagi para pelajar untuk pergi dan belajar ke luar negeri. Dengan harapan, para pelajar tersebut semakin termotivasi untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi, seperti Habibie yang berasal dari Boyolali.
Hanya saja, meski seleksi diikuti ratusan pelajar, namun hanya sekitar 18-22 orang yang akan lolos dan berangkat sebagai duta seni Boyolali. Menurut Abdul, hal ini disesuaikan dengan anggaran dan kurs nilai rupiah terhadap dolar saat jadwal pemberangkatan nanti.
Meski demikian, semakin tingginya animo pelajar ikut seleksi menjadi duta seni Boyolali, diapresiasi Abdul Rahman. Setidaknya, persaingan dalam proses seleksi akan semakin ketat sehingga kualitas tim duta seni nanti akan semakin tinggi. Pasalnya, sebagai duta seni, para pelajar ini nantinya juga membawa tugas terutama misi kebudayaan dari Boyolali ke kancah internasional. Sehingga mereka harus membawa citra baik Boyolali di mata dunia.
Apalagi tahun ini merupakan tahun kelima pengiriman duta seni, dimana setiap tahunnya kesenian yang dipertunjukkan selalu berbeda, dengan mengangkat potensi budaya Boyolali. Nantinya, setelah melalui proses seleksi ketat, para siswa yang berhasil lolos akan berproses 3-6 bulan dengan didampingi pegiat seni dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dan Ketholeng Institut Boyolali untuk berlatih dan mematangkan kemampuan yang akan dipertunjukkan.
Sementara itu untuk tahun ini, Boyolali akan mengirim dua tim duta seni ke luar negeri. Satu tim reguler dengan tujuan Austria dan Turki di atas, dan satu tim duta seni lainnya dengan tujuan Moskow Rusia. Tim duta seni dengan tujuan Moskow ini nantinya berbarengan dengan pengiriman pelaku usaha kecil mikro dalam pameran internasional yang digelar di kota yang sama.
Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud, Budi Prasetyaningsih menambahkan,
untuk duta seni umum ke Rusia terdiri dari alumni duta-duta seni sejak 2013 hingga 2016 kemarin. Tentunya para alumni tersebut juga akan dilakukan seleksi kembali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top