AMPEL GELAR PENTAS KETHOPRAK PERINGATI HUT KE-72 KEMERDEKAAN RI

AMPEL GELAR PENTAS KETHOPRAK PERINGATI HUT KE-72 KEMERDEKAAN RI
Posted in Informasi
Posted on: August 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Masih dalam suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kecamatan Ampel menggelar pertunjukan pentas seni kethoprak. Bertempat di lapangan Kecamatan Ampel, pada Rabu (23/8) kethoprak mengambil lakon puncak dengan lakon Haryo Penangsang Leno. Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana menggiatkan kembali seni kethoprak di wilayah setempat.

 “Di beberapa desa ada beberapa grup kethoprak yang sudah ada namun pementasannya saya rasa sangat kurang, maka dari itu untuk menggiatkan kemballi seni kethoprak, kami mengadakan pentas kethoprak ini,” terang Camat Ampel, Mustaqim di sela pertunjukan.

 Lebih lanjut Mustaqim menambahkan, pertunjukan seni di Ampel ini akan terus digiatkan mengingat kecamatan Ampel merupakan salah satu wilayah di Boyolali yang sarat dengan kegiatan seni dan budaya.

 Sementara dalam sambutannya Bupati Seno Samodro mengatakan tokoh Haryo Penangsang itu merupakan tokoh idolanya. “Kula seneng niki enten kethoprak, saya malih Haryo Penangsang niku idola kula, kapan – kapan latihan sik aku tak melu kethoprakan,” terangnya.

Kemudian Seno juga mengajak grup kethoprak di Kecamatan Ampel untuk bisa menggelar pentas di Alun–alun Boyolali di lain kesempatan.

 Terpisah, sutradara kethoprak, Jupriyono saat ditemui membeberkan pentas ini melibatkan 20 pelaku seni dari Ampel dan bintang tamu anggota DRPD Boyolali Ribut Busan yang berperan sebagai Sunan Kalijaga. Disinggung mengenai alasan dipilih lakon tersebut, Jupri menjelaskan karena dalam lakon ini tidak ada yang gugur dan merupakan Awal Babat Alas Mentaok. (dst)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top