AMANAH UU KIP, BADAN PUBLIK WAJIB SIAPKAN DIP

AMANAH UU KIP, BADAN PUBLIK WAJIB SIAPKAN DIP
Posted in Pengumuman
Posted on: August 9th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Tata kelola yang baik (God Government) salah satunya adalah dengan adanya transparansi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik. Salah satu cara transparasi tata kelola yang dimaksud melalui pelayanan permintaan informasi publik.

 Pelayanan publik merupakan gambaran nyata kinerja pemerintah daerah. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali, Abdul Rahman dalam acara Sosialisasi Pengisian Daftar Informasi Publik (DIP) di aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Pemkab Boyolali, Rabu (9/8). “Pelayanan publik merupakan gambaran nyata kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas atas kebutuhan akan pelayanan publik tersebut”, terang Abdul.

 Sosialisasi Penyusunan DIP ini diikuti Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Kabupaten Boyolali sejumlah 100 orang dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Boyolali selaku Badan Publik.

 Dengan tersedianya DIP diharapkan dapat tersusun, tersimpan, terkelola dan bisa diakses setiap saat melalui berbagai layanan informasi yang ada di masing-masing OPD. Layanan tersebut dapat tersedia melalui papan informasi, media cetak, elektronik maupun media online sehingga masyarakat dapat terpenuhi hak-hak informasinya. Pemenuha kewajiban OPD tersebut harus tetap mematuhi prosedur layanan informasi yang baik dan benar sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

 “Dibentuknya PPID di Boyolali, sebagai bentuk usaha untuk menghimpun, menata, menyimpan, dan menyeleksi informasi yang masuk ke pemerintah,” imbuh Abdul.

Sebagai PPID utama, Diskominfo berusaha untuk berharap dengan adanya PPID dapat mempromosikan sekaligus membrandingBoyolali.

“Salah satu upaya kita untuk menyebarkan informasi kepada publik, dengan adanya sistem e-kliping dan DIP di website PPID Boyolali,” jelas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Sarwanto. DIP yang berisikan informasi tentang OPD terkait sehingga memudahkan masyarakat mencari informasi publik. (epn/bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top