AKSES MASUK KEBUN RAYA INDROKILO MULAI DIBANGUN

AKSES MASUK KEBUN RAYA INDROKILO MULAI DIBANGUN
Posted in Informasi
Posted on: November 9th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pembangunan kawasan Kebun Raya Indrokilo di Kecamatan Mojosongo terus disempurnakan Pemkab Boyolali. Salah satunya yakni pembangunan jalan masuk ke kawasan yang sudah mulai dilakukan.

Pembangunan akses masuk ke kawasan kebun raya dilakukan dengan membangun jalan sepanjang 900 meter menembus areal ladang warga setempat. Akses masuk tersebut dibangun dengan cukup lebar, yakni mencapai 18 meter dengan bagian tengah juga dibangun median jalan selebar satu meter memanjang.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, Nyoto Widodo, mengatakan pembangunan akses jalan masuk ke kebun raya dilakukan bertahap. Untuk saat ini pembangunan awal meliputi perataan lahan dan pembangunan drainase.

“Tahap awal senilai Rp 981 juta untuk perataan dan drainase. Sedangkan untuk bangunan jalan dilakukan akan diawali awal tahun depan senilai Rp 2 miliar untuk satu sisi jalan dulu,” ungkap dia.

Pembangunan akses masuk ke kebun raya tersebut dibangun menuju ke lokasi parkir, yang saat ini juga tengah dibangun. Nantinya, pengunjung dari lokasi parkir akan diharuskan berjalan kaki dengan melintasi jembatan untuk masuk ke kawasan kebun raya.

Guna menjamin keamanan para pengunjung, sepanjang akses masuk nantinya juga akan diberi pagar pengaman di masing-masing sisi. Dengan adanya pagar pengaman tersebut, otomatis warga atau masyarakat selain pengunjung tidak bisa masuk. Menurut Nyoto, bagi warga yang hendak ke ladang, nantinya bisa melintasi jalan dukuh yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini, progres pembangunan terus dilakukan di lokasi kawasan kebun raya. Sejumlah pekerja tengah membangun drainase di dua sisi jalan. Menurut Wahyu, rekanan pelaksana dari CV Mata Angin menjelaskan, pembangunan tersebut berlangsung dari tanggal 21 Agustus hingga 18 Desember mendatang. Untuk penataan lahan, perataan dilakukan  dengan menggunakan alat berat.

Mengantisipasi musim penghujan, pihaknya sejak dini sudah melakukan antisipasi, di antaranya dengan meminta para pekerja lebih cepat dalam mengerjakan bangunan supaya target volume perkerjaan terpenuhi dan tidak terkendala hujan.

“Kami optimis pekerjaan akan selesai tepat waktu,” kata dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top