AKSES MASUK KE PERPUSDA AKAN DIBENAHI

AKSES MASUK KE PERPUSDA AKAN DIBENAHI
Posted in Informasi
Posted on: April 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Guna mendukung kemudahan akses menuju Perpustakaan Daerah (Perpusda) Remen Maos Boyolali, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPU PR) Boyolali, segera akan membangun akses masuk yang mudah dan ramah bagi penyandang disabilitas.
Demikian diungkapkan Kabid Cipta Karya DPU PR Boyolali, Arief Gunarto, Kamis (20/4). Menurut Arief, saat ini alokasi anggaran untuk pembangunan akses masuk Perpusda yang berada di tengah Simpang Lima Siaga tersebut sudah dianggarkan.
“Sudah ada anggaran dan beberapa opsi yang dikaji untuk akses masuk Perpusda,” ungkap Arief.
Opsi tersebut antara lain yakni mendesain pintu masuk menuju ke tengah bundaran simpang lima, tempat gedung Perpusda. Selain itu juga rencana melandakan trotoar dengan jalan raya, sehingga nantinya akses masuk tersebut mudah bagi penyandang disabilitas.
Tak hanya itu, untuk memudahkan pengunjung Perpusda menyeberang jalan lingkar, pihaknya juga akan memasang rambu khusus. Rambu tersebut misalnya seperti lampu jalan yang bisa menyala dan menghentikan kendaraan, saat ada orang yang hendak menyeberang jalan.
“Masih kami kaji dan perlu pendalaman serta koordinasi dengan instansi terkait lainnya,” ujar dia.
Kemudahan akses masuk menuju Perpusda sangat dibutuhkan, mengingat hingga hampir setahun beroperasi, sejauh ini akses masuk ke Perpusda masih menyulitkan penyandang disabilitas maupun anak-anak.
Saat ini, perpustakaan yang berada di bagian tengah cekungan bundaran Simpang Lima Siaga Boyolali itu hanya memiliki akses berupa tangga saja. Tangga tersebut yakni dua buah yang menyambung dari jalan raya dengan trotoar setinggi satu meter. Kemudian dari trotoar ke dalam lingkup perpustakaan setinggi dua meteran. Kondisi ini tentu cukup menyulitkan para penyandang disabilitas yang hendak berkunjung ke Perpusda.
Kesulitan lainnya, belum adanya lokasi khusus penyeberangan untuk menunju ke lokasi Perpusda.  Diperlukan zebra cross atau rambu lain untuk membantu pengunjung menyeberang jalan yang cukup ramai tersebut.
“Sebenarnya itu sangat penting, apalagi setiap bulan kami menerima kunjungan rutin dari siswa berkebutuhan khusus dari sekolah luar biasa (SLB),” ungkap Kasi Pengembangan Perpustakaan Boyolali, Bambang Suratno.
Sehingga pihaknya menyambut positif rencana pembenahan akses masuk ke dalam Perpusda tersebut. Pasalnya, jika akses masuk lebih mudah, tentu akan semakin menarik minat pengunjung yang datang, yang selama ini didominasi anak-anak pelajar.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top