AJANG PEMILIHAN PUTRA-PUTRI DEMOKRASI DISABILITAS BOYOLALI DIAPRESIASI

AJANG PEMILIHAN PUTRA-PUTRI DEMOKRASI DISABILITAS BOYOLALI DIAPRESIASI
Posted in Headline
Posted on: May 10th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Pemilihan Putra-Putri Demokrasi Disabilitas Boyolali 2017 yang diselenggarakan KPUD Boyolali, Rabu (10/5), mendapatkan banyak apresiasi dan diusulkan menjadi model sosialisasi tingkat nasional.
Komisioner KPUD Boyolali, Pargito mengungkapkan kegiatan ini merupakan kali pertama di Indonesia. Selain memberikan ruang bagi penyandang disabilitas, kegiatan ini juga untuk mengangkat eksistensi para penyandang disabilitas dalam pelaksanaan demokrasi.
Sementara itu Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat, berharap kegiatan ini bisa menjadi pendorong KPU-KPU kabupaten/kota lainnya. Pemilihan Putra-Putri Demokrasi Disabilitas Boyolali 2017 ini menurut dia sebagai wujud perhatian pada para penyandang disabilitas.
“Mereka memiliki hak yang sama sebagai warga negara dalam demokrasi,” kata dia.
Dalam kesempatan itu, Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan menyatakan kehadirannya ke Boyolali ini juga untuk menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat inspiratif dan relevan menjadi program KPU secara nasional.
“Setelah di Boyolali ini harapan kami kabupaten/kota lainnya bisa menyelenggarakan kegiatan serupa. Selain inspiratif, juga relevan,” kata dia.
Dijelaskan Wahyu, dua tugas pokok KPU yakni melayani hak politik pemilih dan melayani peserta pemilu secara adil. Kegiatan ini menurut dia, termasuk bentuk keberpihakan KPU dalam melayani hak konstitusional pemilih secara adil, khususnya bagi penyandang disabilitas.
Diakui Wahyu, masih sering terjadi penyelenggaraan Pemilu yang kurang ramah terhadap difabel. Sehingga pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan agar lebih ramah bagi penyandang disabilitas.
Senada, Sekjen KPU RI, Ali Rahman Hakim juga sangat mendukung bahkan menilai kegiatan pemilihan Putra-Putri Demokrasi Disabilitas Boyolali 2017 ini sangat luar biasa. Menurut dia, kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan pendidikan pemilih yang menjadi salah satu perioritas.
“Salah satu perioritas pendidikan kepada pemilih yakni kepada difabel, ini sangat luar biasa,” imbuh dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top