AGUSTUSAN, KEBERADAAN PGOT TERUS DITERTIBKAN

Posted in Informasi
Posted on: August 11th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Upaya penertiban pengemis, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT) di Boyolali terus digencarkan, utamanya menjelang perayaan HUT Ke-72 RI. Langkah penertiban bahkan dilakukan secara terpadu melibatkan Dinas Sosial, Satpol PP, TNI, serta kepolisian.
Kepala Dinsos Boyolali, Sugianto, mengungkapkan razia keberadaan PGOT di Boyolali dilakukan karena keberadaan mereka melanggar Perda tentang ketertiban umum. Hanya saja, meski razia digelar secara rutin, namun keberadaan PGOT ini cukup membandel sehingga razia dilakukan bersama tim terpadu.
“Razia rutin kami lakukan karena mereka melanggar Perda keteriban umum. Hanya saja mereka tetap saja sering beroperasi” ungkap dia.
Razia di antaranya dilakukan usai rapat koordinasi bersama jajaran terkait di Aula Dinsos kemarin. Belasan PGOT berhasil dijaring dari sejumlah titik di Boyolali. Para PGOT ini selain berasal dari wilayah di Boyolali, sebagian lain berasal dari luar daerah.
Menurut Sugianto, kemajuan pembangunan di Boyolali yang berdampak pada kesejahteraan penduduk, menjadi salah satu daya tarik para PGOT datang. Namun, sesuai dengan Perda, keberadaan mereka tidak diperbolehkan beroperasi di Boyolali.
Kasi Penindakan Satpol PP, Tri Joko Mulyono, membenarkan razia rutin terus dilakukan untuk penertiban PGOT di Boyolali. Namun dia juga mengakui, meski razia terus dilakukan ternyata tidak membuat para PGOT jera dan tetap nekat beroperasi di Boyolali. Sejumlah titik tempat biasa mangkal para PGOT bahkan menurut Joko, pihaknya sudah menyiagakan petugas, seperti di pertigaan Ngangkruk, Kecamatan Banyudono.
Nglimpeke petugas, kalau pagi dirazia, siang beroperasi atau malah sore hari,” terang Joko.
Agar upaya penertiban PGOT optimal, Joko mengusulkan adanya pos jaga di titik-titik tertentu yang biasa digunakan PGOT beroperasi. Tak hanya itu, pihaknya juga mengusulkan adanya penambahan personel Satpol PP agar bisa melakukan pengawasan lebih optimal.
Di sisi lain, peran masyarakat juga diminta untuk ikut membantu pengendalian PGOT, salah satunya yakni dengan tidak memberikan uang, khususnya saat berkendara di jalan. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top