ABRASI KALI PEPE DI NGARGOSARI DI INSPEKSI

ABRASI KALI PEPE DI NGARGOSARI DI INSPEKSI
Posted in Informasi
Posted on: July 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Abrasi sungai Kali Pepe yang berada di Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, mendapat perhatian pemerintah dan diinspeksi langsung Komisi III DPRD Boyolali. Pasalnya, kondisi abrasi dinilai sudah cukup parah. Selain sudah menghanyutkan sebagian lahan warga, juga mengancam jalan raya yang menghubungkan Ampel-Tlatar.
Kondisi saat ini, sebagian lahan warga yang berada di tikungan sungai sudah hanyut diterjang arus sungai yang bermuara ke Sungai Bengawan Solo tersebut. Abrasi jika tidak segera diantisipasi, dimungkinkan akan terus menggerus ke arah jalan raya. Selain sudah menggerus belasan meter lahan, juga sudah terlihat retakan-retakan yang mengarah ke jalan.
Menurut salah satu warga, Giyanto (45), di musim kemarau saat ini banyak muncul retakan-retakan pada lahan. Kondisi tersebut membuat lahan menjadi sangat mudah tergerus di musim hujan, saat arus sungai tengah banjir.
“Sudah ada lahan warga yang sebagian tergerus,” ungkap Giyanto.
Sejauh ini abrasi Kali Pepe yang menggerus lahan warga tersebut tidak mampu diatasi warga. Padahal ancaman abrasi terus terjadi dan membuat was-was mereka. Persoalan ini kemudian ditangkap Komisi III DPRD Boyolali yang segera melakukan inspeksi bersama jajaran terkait ke lokasi, Kamis (20/7).
Menurut Ketua Komisi III DPRD Boyolali, Lambang Sarosa, membenarkan kondisi abrasi sungai Kali Pepe itu sudah cukup mengkhawatirkan. Menurut dia, selain sudah menggerus sebagian lahan warga, abrasi juga mengancam jalan raya yang merupakan jalan kabupaten.
“Bahkan jarak ke jalan sudah sangat dekat, tinggal beberapa meter lagi,” kata dia.
Menyikapi hal ini, Lambang mengatakan akan segera berkoordinasi dengan jajaran terkait guna mencarikan solusi. Lambang menegaskan, abrasi Kali Pepe tersebut harus segera dicegah agar tidak semakin meluas. Dampak paling parah salah satunya ancaman abrasi ke jalan raya yang merupakan jalur penghubung warga.
“Harus secepatnya diatasi, segera akan kami koordinasikan,” imbuh dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top