90,52 Persen, Partisipasi Pilkades Temon Tertinggi

90,52 Persen, Partisipasi Pilkades Temon Tertinggi
Posted in Headline, Informasi
Posted on: December 5th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Tingkat partisipasi pemilih dalam gelaran Pilkades e-voting serentak di Boyolali pekan kemarin cukup tinggi. Dari total daftar pemilih tetap (DPT) di 15 desa, yakni 44.888 pemilih, tingkat partisipasinya mencapai 33.559 orang atau mencapai 76,08 persen keseluruhan.
Sementara itu tingkat partisipasi tertinggi tercatat di Desa Temon, Kecamatan Simo, dengan prosentase mencapai 90,52 persen. Sedangkan tingkat partisipasi terendah di Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo yang mencapai 65,56 persen.
Kabag Pemerintahan Desa, Setda Boyolali, Arief Wardianta mengungkapkan, rata-rata tingkat partisipasi dalam Pilkades serentak di 15 desa kemarin tinggi.  Untuk tingkat partisipasi tertinggi menurut dia di Desa Temon, yakni dari jumlah DPT 2.512 pemilih, yang hadir 1.937 orang.
Di bawah Temon, partisipasi pemilih tertinggi lainnya yakni Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, yang mencapai 89,72 persen dari DPT 2.159 orang. Sebaliknya, partisipasi terendah tercatat di Desa Manggis, yang mencapai 65,56 persen dari 6.132 DPT, disusul Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego yang mencapai 66,95 persen dari jumlah DPT3.141 orang.
Sementara di desa-desa lainnya, tingkat partisipasi pemilih cukup merata di kisaran 70-80-an persen. Angka partisipasi pemilih ini cukup tinggi, sekalipun menurut Arief dalam Pilkades Boyolali, tidak dipersyaratkan jumlah quorum pemilih.
“Tidak ada quorum, jadi berapapun yang hadir tidak mempengaruhi hasil kemenangan. Tapi rata-rata tingkat partisipasinya tinggi,” ungkap Arief, Senin (5/12).
Untuk Pilkades Manggis, sekalipun tingkat partisipasinya paling rendah, namun daftar kehadiran sudah mencapai 4.020 pemilih. Penduduk Desa Manggis terhitung gemuk dibandingkan dengan desa-desa lainnya. Sedangkan di Desa Sendangrejo, dimungkinkan banyak warga yang tidak hadir memilih lantaran merantau ke daerah lain.
Lebih lanjut dijelaskan Arief, dari daftar kehadiran dalam Pilkades serentak kemarin, juga terdapat pemilih yang memilih opsi abstain. Angkanya, secara keseluruhan mencapai 152 orang di 15 desa. Rata-rata di tiap desa terdapat pemilih yang abstain.
Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pilkades serentak di 15 desa di Boyolali, disambut antusias tinggi masyarakat, Jumat (1/12). Secara umum Pilkades berlangsur lancar dan aman. Desa-desa yang menggelar Pilkades yakni yakni Tarubatang (Selo), Gubug dan Kembangkuning (Cepogo), Ngagrong (Ampel), Jurug dan Manggis (Mojosongo), Salakan dan Kopen (Teras), Dukuh (Banyudono), Tegalrejo (Sawit), Temon (Simo), Kedungrejo (Kemusu), Sendangrejo dan Karanggatak (Klego), dan Manyaran (Karanggede).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top