389 PELAJAR BOYOLALI IKUTI SELEKSI TAHAP PERTAMA DUTA SENI 2018

389 PELAJAR BOYOLALI IKUTI SELEKSI TAHAP PERTAMA DUTA SENI 2018
Posted in Informasi
Posted on: January 31st, 2018 Oleh Administrator

BOYOLALI – Program pengiriman Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali tahun 2018 masih menjadi daya tarik luar biasa bagi pelajar Boyolali. Seleksi duta seni pelajar dan misi kebudayaan kali ini dengan tujuan tiga negara di Amerika Latin dan Oseania ini diikuti sebanyak 389 pelajar SMA/SMK/MA di Boyolali pada jenjang kelas X. Dari 394 pelajar yang mendaftar, sebanyak 389 peserta yang mengikuti audisi pertama ini berupa tes tertulis ini.

Tujuan seleksi ini untuk mempersiapkan sedini mungkin kontingen ke luar negeri tahun 2018 menuju ke New Zealand, Brazil dan Meksiko,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto di sela-sela audisi pertama duta seni di Pendapa Gede Kabupaten Boyolali, Rabu (31/1).

Selain membawa misi kebudayaan dari Boyolali, agenda rutin tahunan kebudayaan ke luar negeri yang dicanangkan Bupati Boyolali, Seno Samodro sejak tahun 2013 silam itu juga bertujuan memberikan pengalaman bagi para pelajar untuk pergi dan belajar ke luar negeri. Dengan harapan, para pelajar tersebut semakin termotivasi untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi, seperti Habibie yang berasal dari Boyolali.

 

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat menyebutkan bahwa seleksi tersebut dalam rangka mempersiapkan generasi generasi muda Boyolali yang hebat dan tangguh serta mampu memahami karakteristik budaya lokalHanya saja, meski seleksi diikuti ratusan pelajar, namun hanya sekitar 18 orang yang akan lolos dan berangkat. Pasalnya, sebagai duta seni, para pelajar ini nantinya juga membawa tugas terutama misi kebudayaan dari Boyolali ke kancah internasional. Sehingga mereka harus membawa citra baik Boyolali di mata dunia.

 

“Membangun generasi-generasi berprestasi, kita persiapkan generasi yang tidak gagap teknologi akan tetapi generasi yang paham dan mampu menjaga karakteristik dan nilai nilai budaya lokal” ungkap Wabup Said.

 

Apalagi menurut Wabup tahun ini merupakan tahun keenam pengiriman duta seni, dimana setiap tahunnya kesenian yang dipertunjukkan selalu berbeda, dengan mengangkat potensi budaya Boyolali. Melalui seleksi duta seni inilah, Wabup menggantungkan harapan yang begitu besar terhadap generasi penerus Boyolali.

 

“Maka diantara 389 siswa yang ikut tes, besar harapan kami mereka adalah generasi hebat dan berprestasi di Boyolali dan mampu menjadi pemimpin masa depan yang Insya Allah lebih hebat. Tersenyumlah Boyolaliku, ayo kita membangun Boyolali agar maju,” terang Wabup Said.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top