26 KLOMTAN TERIMA BANTUAN ALSINTAN

26 KLOMTAN TERIMA BANTUAN ALSINTAN
Posted in Informasi
Posted on: September 4th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Dalam rangka program swasembada kedelai, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali serahkan bantuan peralatan mesin pertanian berupa power threser, cultivator, traktor, obat-obatan dan lainnya. Sebanyak 26 Klomtan (kelompok tani) di Boyolali menerima bantuan yang merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah ini diserahkan di halaman Dispertan setempat Senin (4/9) siang. Bantuan tersebut yakni power threser besar sebanyak tujuh unit, power threser kecil sebanyak 20 unit, cultivator 8 unit dan traktor roda dua sebanyak tujuh unit. Selain itu ada terpal sebanyak 110 buah serta bantuan berupa pupuk, benih, dan obat obatan.

Pemberian power threser yang difungsikan sebagai mesin besar perontok kedelai diharapkan mampu meningkatkan produksi kedelai khususnya di daerah Boyolali. Wilayah Boyolali cukup potensial untuk produksi kedelai sesuai 750 hektare yang berada di wilayah utara seperti Kecamatan Klego, Kemusu dan Wonosegoro.

“Pemberian bantuan ini murni dari Pemprov Jawa Tengah, dan bantuan tersebut disesuaikan dengan potensi daerah untuk mencapai program swasembada kedelai di Boyolali,” jelas Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dipertan, Supardi.

 Sementara untuk pemberian bibit kedelai telah dilakukan pada Februari hingga Maret lalu. Pada waktu tersebut dinilai tepat dikarenakan cuaca pada bulan tersebut sangat mendukung untuk menanam kedelai, dan penyesuain kontur tanah untuk tanaman kedelai.

 Sementara salah satu Klomtan yang menerima bantuan yakni Karya Agung, dari Desa Bawu; Kecamatan Kemusu. Klomtan tersebut ungkapkan rasa senang setelah menerima bantuan peralatan tersebut bisa meningkatkan produksi dan mempercepat proses panen. “Semoga dengan alat mesin ini dapat mempermudah kami saat mengolah kedelai mulai dari proses panen hingga proses penjualan,” ungkap Didik Heru Baskoro selaku pengurus klomtan. (dst/bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top