23 HARI IMUNISASI, 132.017 ANAK BOYOLALI DIVAKSIN MR

Posted in Informasi
Posted on: August 23rd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Capaian imunisasi measles dan rubela (MR) pada siswa sekolah di Boyolali hingga pelaksanaan imunisasi hari ke-23, (Rabu (23/8), mencapai 132.017 orang. 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Sherly Jeanne Kilapong mengatakan target sasaran untuk imunisasi MR di Boyolali mencapai 230.990 orang. Sedangkan pelaksanaan imunisasi yang dilakukan secara nasional sepanjang Agustus ini dengan sasaran sekolah-sekolah.
Imunisasi diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga di bawah 15 tahun. Imunisasi dilakukan dengan mengerahkan petugas yang berkompeten di tingkat fasilitas kesehatan (Faskes) seperti Puskesmas, yang mendatangi sekolah-sekolah. Selanjutnya, imunisasi akan dilanjutkan di setiap Faskes September nanti.
“Capaian saat ini sekitar 57,15 persen dari sasaran atau sebanyak 132.017 orang,” ungkap Sherly.
Diakui Sherly, meski sempat ada penolakan dari beberapa orang tua murid, namun setelah dilakukan berbagai pendekatan, akhirnya orang tua murid yang bersangkutan mengizinkan anaknya mendapatkan imunisasi MR.
Pelaksanaan imunisasi MR ini dilangsungkan secara menyeluruh dan diharapkan semua sasaran mendapatkan imunisasi melalui suntikan ini. Menurut dia, kuantitas yang harus dicapai mencapai 95 persen sasaran. Tak hanya itu, kualitas vaksinasi juga harus dijaga untuk tercapainya herd imunity atau kekebalan populasi.
Kepala Dinkes Ratri S Survivalina mengatakan, untuk melaksanakan program ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan. Ratri menegaskan, vaksin MR ini aman dan pihaknya mengimbau agar masyarakat memanfaatkan kesempatan ini.
“Dijamin aman dan gratis, kalau imunisasi sendiri biayanya bisa mencapai Rp 400.000,” imbuh dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top