2018 PEMKAB SIAPKAN RP 1 MILIAR UNTUK HADIAH WAJIB PAJAK PBB

2018 PEMKAB SIAPKAN RP 1 MILIAR UNTUK HADIAH WAJIB PAJAK PBB
Posted in Informasi
Posted on: June 3rd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Suasana acara buka puasa bersama keliling (Bukberling) Pemkab Boyolali di bulan Ramadan tahun ini terdapat hal berbeda. Agenda tambahan berupa penarikan undian dengan hadiah sepeda motor Yamaha Mio bagi wajib pajak (WP) di Boyolali yang telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaaan (PBB P2) hingga 31 Mei lalu. Sejumlah 19 sepeda motor akan diundi di masing-masing kecamatan di Boyolali dan satu unit mobil Toyota Agya yang akan diundi di tingkat Kabupaten dalam acara Bukberling. Adanya hadiah dengan total senilai sekitar Rp 350 juta tersebut diharapkan dapat meningkatkan antusisasme WP dalam membayar PBB di Kota Susu.

 “Sing penting tahun ngarep hadiahe luwih gede [yang penting tahun depan hadiahnya lebih besar] jadi Rp 1 miliar,” ungkap Bupati Boyolali di Masjid Baiturrahman Karangduwet; Banaran; Kecamatan Boyolali, Jumat (2/6).

 Sementara, Kepala Bidang Pajak Daerah Badan Keuangan Daerah Kabupaten Boyolali, Bambang Sutanto menyampaikan animo WP meningkat siginifikan setelah adanya hadiah ini yang mencapai 60 persen. “Data perbandingan realisasi PBB dalam dua tahun terakhir sampai dengan 31  Mei sangat signifikan,” terangnya. Kemudian Bambang menambahkan, peningkatan sebesar 60 persen tersebut dengan perbandingan pada tahun 2016 sebanyak 169.480 WP yang telah lunas, sementara pada tahun 2017 ini sebanyak 283.033 WP. Kemudian dihitung dalam rupiah untuk tahun 2016 mencapai Rp 8 miliar 173 juta dan di tahun 2017 sebesar Rp 13 miliar 655 juta.

 Selain itu pihaknya juga akan menggiatkan penerimaan PBB dengan mengintensifkan di tingkat kecamatan dan desa. “Ada tim intensifikasi tingkat kecamatan dan desa  kaitannya dengan membayar PBB agar wajib pajak membayar pajak lebih awal meskipun jatuh tempo 30 September,” imbuh Bambang.

 Meskipun undian sepeda motor dan mobil ini sudah tidak berlaku lagi, pihaknya menggunakan strategi lain dengan pemberian penghargaan dalam bentuk uang tunai bagi yang lunas PBB. “Bagi tim intensifikasi tingkat Kecamatan, Desa dan petugas pungut di tingkat Desa, yang lunas PBB akan diberi hadiah uang tunai sesuai dengan prosentase dan pagu PBB yang mereka tangani masing-masing,” tandas Bambang.

 Sebagai informasi pemenang hadiah sepeda motor di wilayah Kecamatan Boyolali diraih Sumarno yang beralamat di Karangduren; Desa Kiringan. Sementara wilayah Kecamatan Teras dimenangkan Bakdi Muswanto warga Desa Bangsalan yang diundi di Masjid Al Mu’min di Kadirejo; Kadireso; Kecamatan Teras. Kemudian satu unit mobil  diundi saat peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten pada Senin (12/6) mendatang di Masjid Ageng Boyolali.

 Untuk prosedur pengambilan undian diilakukan dengan tiga tahapan. Diawali dengan Kepala Desa/Lurah di Kecamatan setempat mengambil 10 nomor undian di wilayah masing-masing yang kemudian dimasukkan dalam satu pot undian. Kemudian, Bupati/Wakil Bupati Boyolali mengundi Kades/Lurah yang berhak mengambil undian sebagai pemenang hadiah sepeda motor. Tahap terakhir Kades/ Lurah terpilih mengundi undian tersebut.

 Sementara untuk undian mobil hampir sama dengan langkah undian sepeda motor. Yang membedakan Kades/Lurah diganti Camat. Selain itu Camat tersebut mengambil 20 nomor undian di wilayahnya yang kemudian diundi seperti prosedur di atas.(Desta Bayu / Joko Marjoko / Eka Putra Nugraha / Deny Sugiharto)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top