15 DESA SUKSES GELAR PILKADES E-VOTING DAN E-VERFIFIKASI

15 DESA SUKSES GELAR PILKADES E-VOTING DAN E-VERFIFIKASI
Posted in Headline, Informasi
Posted on: December 1st, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI – “Dudul gambar, dudul ya (tekan gambar, tekan ya)”, teriak Agus Yulianto, petugas pemantau card reader Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kopen; Kecamatan Teras, Kamis (1/12). Kalimat itu yang selalu diserukan Agus dan para petugas lainnya ketika ditanya warga yang baru pertama kali mengikuti Pilkades yang menggunakan sistem e-voting dan e-verifikasi ini. Mengingat pilkades yang menggunakan sistem eletronik menggunakan perangkat elektronik, jadi beda dengan sistem manual dengan cara mencoblos.

Seperti diketahui pilkades e-voting ini juga telah dilaksanakan pada tahun 2013 di beberapa Pilkades yang digelar di sejumlah Desa di Kabupaten Boyolali. Kesuksesan itulah yang akhirnya Pemeritah Kabupaten Boyolali menggelar Pilkades e-voting secara serentak di 15 Desa di Kebaupaten Boyolali. Kelima belas Desa yang menggelar Pilkades serentak yakni Tarubatang (Selo), Gubug dan Kembangkuning (Cepogo), Ngagrong (Ampel), Jurug dan Manggis (Mojosongo), Salakan dan Kopen (Teras), Dukuh (Banyudono), Tegalrejo (Sawit), Temon (Simo), Kedungrejo (Kemusu), Sendangrejo dan Karanggatak (Klego), dan Manyaran (Karanggede).

Untuk memberikan suaranya dalam Pilkades e-voting ini, warga yang telah terdaftar wajib membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan surat undangan dari panitia. Tahapan selanjutnya yang dilakukan yakni pemilih menyerahkan E-KTP kepada petugas verifikasi, setelah terverifikasi, pemilih menyerahkan surat undangan dan ditukarkan dengan smart card. Dilanjutkan menyerahkan smart card itu kepada petugas card reader, pemilih kemudian harus menuju bilik suara. Di dalam bilik, pemilih hanya menekan gambar salah satu calon yang dipilih kemudian menekan tombol “Ya” pada layar. Setelah itu akan keluar struk kertas yang harus dimasukkan dalam kotak suara. Tahap akhir dari pilkades e-voting dengan mencelupkan jari ke tinta yang menandakan warga telah berpartisipasi dengan menggunakan suaranya.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top