1 DESEMBER 2016, 15 DESA PILKADES E-VOTING SERENTAK DI BOYOLALI

1 DESEMBER 2016, 15 DESA PILKADES E-VOTING SERENTAK DI BOYOLALI
Posted in Agenda, Informasi
Posted on: November 30th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Sebanyak 42 calon kepala desa (Cakades) ikut dalam Pilkades serentak yang digelar di 15 desa di Boyolali, Kamis (1/12). Pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan secara elektronik atau e-voting.
Dari 43 pendaftar hanya 42 orang yang ditetapkan sebagai Cakades, karena satu calon yang mendaftar yakni Desa Tarubatang Selo, Marsudi, menyatakan mengundurkan diri. Selain itu, dari 16 desa yang rencananya ikut dalam Pilkades serentak, satu desa terpaksa diundur lantaran hanya ada satu calon. Sesuai ketentuan, pelaksanaan Pilkades minimal harus ada dua calon dan maksimal lima calon.
“Ada 42 Cakades yang ikut dalam gelaran Pilkades serentak di 15 desa besok,” ungkap Kabag Pemdes, Setda Boyolali, Arief Wardianta, Rabu (30/11).
Terkait teknis penyelenggaraan Pilkades, Arief mengatakan dilakukan secara e-voting. Kesiapan pemungutan suara lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan 68 set perangkat e-voting untuk didrop ke masing-masing desa. Menurut Arief, pihaknya juga menyiapkan satu set perangkat cadangan di setiap desa tersebut.
Pelaksanaan Pilkades dengan e-voting nantinya dilakukan dengan surat suara elektronik, yang di dalamnya terdapat seluruh data atau gambar Cakades serta daftar pemilih tetap (DPT). Terkait surat suara elektronik tersebut, Arief menyatakan proses entry data Cakades dilakukan begitu tahapan penetapan calon selesai dan mereka mendapatkan nomor urut calon. Entry data tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus.
“Setelah seluruh peralatan didistrusikan ke desa-desa, ada tim teknis yang melakukan setting dan simulasi akhir untuk memastikan seluruh perangkat berfungsi baik,” kata dia.
Sebanyak 15 desa yang menggelar Pilkades serentak yakni Tarubatang (Selo), Gubug dan Kembangkuning (Cepogo), Ngagrong (Ampel), Jurug dan Manggis (Mojosongo), Salakan dan Kopen (Teras), Dukuh (Banyudono), Tegalrejo (Sawit), Temon (Simo), Kedungrejo (Kemusu), Sendangrejo dan Karanggatak (Klego), dan Manyaran (Karanggede).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top