1.000 RTLH SEGERA DIREHAB

1.000 RTLH SEGERA DIREHAB
Posted in Informasi
Posted on: November 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Selain penyaluran bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Boyolali beberapa waktu lalu, dalam waktu dekat bantuan rehab RTLH untuk 1.000 unit rumah akan segera disalurkan.

Bantuan rehab RTLH tersebut disalurkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali. Menurut Kepala Bapermasdes, Purwanto, saat ini alokasi anggaran yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2017 senilai Rp 10 miliar sudah dicairkan.

Besaran anggaran tersebut nantinya akan diserahkan untuk rehab 1.000 RTLH, sehingga masing-masing penerima manfaat akan menerima bantuan sebesar Rp 10 juta.

Dijelaskan Purwanto, bantuan ini dimaksudkan untuk mendorong agar tercapainya kebutuhan rumah tangga yang layak huni masyarakat Boyolali. Hanya saja diakuinya, bantuan ini sifatnya hanya stimulan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Bantuan ini kan sebatas stimulan, masyarakat sekitar juga diharapkan untuk peduli dan turut berpartisipasi,” ungkap Purwanto.

Lebih lanjut dikatakan Purwanto, untuk bantuan rehab RTLH yang melalui Bapermasdes hanya menyasar RTLH di wilayah 16 kecamatan saja. Sementara untuk tiga kecamatan, sudah ditangani dengan program serupa melalui DPKP Boyolali. Dari 16 kecamatan tersebut, menurut Purwanto paling banyak sebaran RTLH yang mendapatkan bantuan ada di Kecamatan Juwangi.

Purwanto menambahkan, pihaknya menjamin program bantuan ini akan tepat sasaran. Salah satunya yakni penerima manfaat untuk program ini sudah masuk dalam Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015. Data RTLH tersebut juga sudah terverifikasi langsung kepemilikan tanahnya.

Selain itu alokasi anggaran yang dibantukan, akan langsung diterima kelompok penerima manfaat di masing-masing desa.

“Juga salah satu syaratnya harus dengan kepemilikan tanah yang sah milik sendiri atau ahli waris, dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan Kades,” jelas Purwanto.

Syarat lainnya yakni kriteria kerusakan rumah meliputi atap, lantai, dan dinding yang dinilai tidak layak. Tingkat kerusakan ini yang kemudian menjadi skala perioritas pemberian bantuan rehab RTLH tersebut. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top